RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Madrasah : MTs Negeri Ciwandan
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
: VIII
(Delapan)
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
Kompetensi Dasar : 1.1. Melakukan operasi aljabar.
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 x pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
· Peserta didik dapat memahami pengertian
koefesien, variabel, konstanta,
suku sejenis dan tidak sejenis
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi
Ajar
Faktorisasi Suku Aljabar, yaitu mengenai:
a. Menjelaskan pengertian koefisien,
variabel, dan konstanta.
b. Menjelaskan
suku sejenis dan tidak sejenis
C. Metode
Pembelajaran
þ Ceramah,
þ tanya jawab,
þ diskusi,
þ pemberian tugas.
D. Langkah-langkah Kegiatan
|
Langkah dan Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
|
Kegiatan Pendahuluan:
1. Guru memeriksa
pelaksanaan tugas harian siswa yang meliputi:
- Ketersediaan alat tulis
(penggaris, spidol dan penghapus).
- Kehadiran siswa.
- Kebersihan dan kerapian
papan tulis, pakaian siswa, dan perabotan kelas.
- Kesiapan alat-alat
pelajaran siswa serta kesiapan siswa mengikuti pelajaran.
2. Mengajak siswa membaca do’a/basmallah sebelum mulai
belajar
3. Mengaitkan materi
pembelajaran dengan pengalaman siswa
(apersepsi).
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran
yang harus dicapai.
|
10 menit
|
|
Kegiatan Inti :
Eksplorasi
1.
Guru
Menuliskan garis besar materi yang akan dipelajari tentang pengertian koefesien,variabel dan konstanta
serta suku sejenis dan tidak sejenis kemudian antara peserta didik dan guru
mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VIII Semester 1, mengenai pengertian
koefisien, variabel, dan konstanta, serta mengenai suku sejenis dan tidak
sejenis ).
2. Setelah peserta didik seluruhnya selesai
menulis materi, guru menjelaskan materi yang ada di papan tulis tentang pengertian koefesien,variabel dan konstanta serta suku sejenis dan tidak
sejenis dengan berbagai contoh, peserta didik
memperhatikan.
3. Guru memerintahkan peserta didik untuk
menulis jawaban soal yang ada di papan
tulis dari contoh yang telah dibahas bersama guru dan siswa.
4. Guru berkeliling untuk meyakinkan bahwa
seluruh siswa menulis jawaban yang ada di papan tulis.
Elaborasi
1. Untuk mengevaluasi pemahaman tentang
materi yang telah dijelaskan oleh guru beserta contohnya, guru menugaskan
kepada peserta didik untuk menjawab soal yang diberikan oleh guru sebagai
bahan latihan. Seluruh peserta didik mengerjakan soal tersebut. Guru
berkeliling untuk menyakinkan bahwa seluruh peserta didik bekerja / menjawab
soal. Selanjutnya setelah guru yakin bahwa mayoritas peserta didik sudah
selesai mengerjakan soal, guru meminta salah seorang peserta didik untuk maju
ke depan dan menuliskan jawabannya di papan tulis.
2. Guru memerintahkan kepada peserta didik
untuk membandingkan jawaban masing – masing dengan jawaban temannya yang ada
di papan tulis, kemudian guru memberikan kesempatan kepada beberapa peserta
didik lain untuk menanggapi jawaban yang ada di papan tulis tersebut, apakah
sudah benar atau belum?
Konfirmasi
1.
Guru
memberikan penegasan dengan memberikan jawaban yang benar, setelah pendapat-
pendapat dari peserta didik dianggap cukup.
2.
Guru
memberikan nilai terhadap hasil pekerjaan siswa
3.
Guru
memberikan motivasi kepada peserta didik agar berani menyajikan /
mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan / di papan tulis
|
30 Menit
35 Menit
|
|
Kegiatan Penutup:
Dalam
kegiatan penutup, guru:
1. Bersama-sama dengan
peserta didik atau sendiri, membuat rangkuman/simpulan
2. Melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
3. Memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran pada
pertemuan ini
4. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Memberikan tugas individual berupa
soal-soal PR dari Lks.
|
5 Menit
|
E. Alat dan
Sumber Belajar.
Sumber :
- Buku paket, yaitu
buku Matematika Tiga Serangkai Kelas
VIII Semester 2.
- Buku paket
matematika Erlangga kelas VIII semester 2
- Buku paket
matematika Intan Pariwara Kelas VIII
Semester 2
F. Penilaian Hasil Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
|
· Menentukan koefesien, variabel dan
konstanta dari suatu bentuk aljabar
· Menentukan suku sejenis dan tidak
sejenis dari suatu bentuk aljabar
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
|
· Tentukan koefisien, variabel, dan konstanta dari bentuk
aljabar
a.
2x
+ 4
b.
3a
– 4b + 6
c.
2x + 3y - 5
· Kelompokkan suku – suku sejenis dan
tidak sejenis dari setiap bentuk aljabar berikut!
a. 3y - 2x + x – y + 2 – 1
b. 3a2 + 2ab – a2 –
6ab
c. 2p3 – 5q + p3 + q
|
Kunci Jawaban Soal/Instrumen
1.
A. 2x + 4
a.
Koefesien = 2
b.
Variabel = x
c.
Konstanta
= 4
B.
3a – 4b + 6
a. Koefesien
= 3, 4
b. Variabel
= a , b
c. Konstanta = 6
C. 2x + 3y -5
a. Koefesien = 2, 3
b. Variabel =
x , y
c. Konstanta = -5
2.
A. 3y
- 2x + x – y + 2 – 1
a.
Suku
sejenis = -2x , x
3y , -y
2 , -1
b.
Suku
Tidak Sejenis = 3y , -2x, -y
B.
3a2
+ 2ab – a2 - 6ab
a.
Suku
Sejenis = 3a2, -a2
b.
Suku
Tidak sejenis = 3a2, 2ab
C.
2p3
– 5q + p3 + q
a.
Suku
Sejenis = 2p3, p3
-5q , q
b. Suku Tidak sejenis = 2p3, -5q
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100
adalah sebagai berikut :
Nilai
akhir = Perolehan skor x skor
ideal ( 100 ) / skor maksimum
|
Mengetahui,
Kepala MTsN Ciwandan
( H. MASHURI, S.Pd.I.)
NIP : 19601005 199203 1 003
|
|
Cilegon, Agustus 2015
Guru Mapel Matematika
( HIDAYATUL FITRIYAH,S.Pd )
NIP : 197908232003122004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar