Selasa, 09 Agustus 2016

RPP Matematika Kelas 8 Statistika






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                    : MTs Negeri 2 Kota Cilegon
Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester      : VIII/ Ganjil
Materi Pokok           : Statistika
Alokasi Waktu        : 4 pertemuan (8 jam pelajaran) 

A.     Kompetensi Inti :
1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.               
1.1   Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1.1     Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika
1.1.2     Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika
1.1.3     Menunjukkan sikap bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui penyajian data dua variabel menggunakan tabel, diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran
2.   
2.1  Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten, dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah;
2.2  Memiliki rasa ingin
tahu, percaya diri dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
2.1.1     Menunjukkan sikap teliti dalam mengamati data pada tabel, diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran
2.1.2     Menunjukkan sikap tekun/gigih dalam memecahkan masalah


2.2.1     Suka bertanya selama proses pembelajaran
2.2.2     Berani presentasi di depan kelas
2.2.3     Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan data pada tabel, diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran

3.   
3.14 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis dengan komputer serta menganalisis hubungan antar variabel
3.14.1 Menyajikan data dalam bentuk diagram batang
3.14.2 Menyajikan data dalam bentuk diagram garis
3.14.3 Menyajikan data dalam bentuk diagram lingkaran

4.
4.7  Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram dan grafik dari dua variabel serta mengidentifikasi hubungan antar variable
4.7.1    Mengumpulkan data
4.7.2    Mengolah data hasil pengamatan

4.7.3    Menampilkan data hasil pengamatan kelompok dalam bentuk tabel, diagram batang dan diagram lingkaran

4.7.4    Mengidentifikasi hubungan antar variabel

C.    Tujuan Pembelajaran
KI 1 dan KI 2
Peserta didik :
1.1.1.1  Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika
1.1.1.2  Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika
1.1.1.3  Menunjukkan sikap bersyukur terhadap karunia Tuhan atas
kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui penyajian data dua variabel menggunakan tabel, diagram batang
2.1.1.1   Menunjukkan sikap teliti dalam mengamati data pada tabel, diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran
2.1.2.1   Menunjukkan sikap tekun/gigih dalam memecahkan masalah
2.2.1.1   Suka bertanya selama proses pembelajaran
2.2.2.1   Berani presentasi di depan kelas
2.2.3.1  Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan data pada tabel, diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran

KI 3 dan KI 4
Peserta didik :
3.14.1.1  Menyajikan data dalam bentuk diagram batang
3.14.2.1  Menyajikan data dalam bentuk diagram garis
3.14.3.1  Menyajikan data dalam bentuk diagram lingkaran
4.7.1.1       Mencermati permasalahan sehari – hari yang berkaitan dengan penyajian data
4.7.2.1    Mengolah data hasil pengamatan
4.7.3.1    Menampilkan data hasil pengamatan kelompok dalam
bentuk tabel, diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran
4.7.4.1       Mengidentifikasi hubungan antar variabel
D. Materi Pembelajaran
1.     Pengumpulan data
2.     Pengolahan data
3.     Penyajian data
E.  Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik
Project Based Learning
F.  Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.     Media : Tayangan LCD,Lembar kerja
2.     Alat dan Bahan : Laptop , LCD, power point
3.     Sumber belajar
a.      Kementerian Guruan dan Kebudayaan. 2014. Matematika SMP kelas 8. Jakarta : Kementerian Guruan dan Kebudayaan (hal. 176 s/d 197)
b.      As’ari, Abdur Rahman, dkk. 2014. Matematika SMP/Mts Kelas VIII. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Puskur dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
c.      Contoh data yang ada dalam kehidupan sehari-hari yang dapat ditampilkan dalam bentuk diagram batang
G. Langkah - langkah Kegiatan Pembelajaran
1.  Pertemuan Ke1
A.   Pendahuluan (10 menit)
1)  Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2)  Melalui tanya jawab, peserta didik diingatkan kembali mengenai penggunaan microsoft excel.
3)  Peserta didik mengamati tayangan dalam bentuk power point.
4)  Peserta didik mengamati tayangan sajian data dalam bentuk tabel dan diagram batang seperti :








 







5)  Guru bertanya, “dapatkah kalian membuat diagram batang dengan menggunakan microsoft office excel?”
6)  Guru menegaskan tujuan yang akan dipelajari hari ini
7)  Guru menyampaikan cakupan materi
B.   Kegiatan inti (100 menit)
1)  Mengamati
a)  Peserta didik mengamati sajian data dalam bentuk tabel dan diagram batang yang ada dalam kegiatan 1 LKS 1 (Lampiran 1)
2)  Menanya
a)    Peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan sajian data dalam bentuk tabel. Misalnya “ Bagaimana cara membuat sajian data dalam bentuk tabel?”
b)    Peserta didik merumuskan pertanyaan terkait berikutnya. Misalnya “ Bagaimana cara membuat diagram batang dari sajian data tersebut? “
3)  Mencoba / Mengumpulkan data atau informasi
a)    Peserta didik secara berpasangan mencermati sajian tabel yang ada dalam kegiatan 2 LKS 1 (Lampiran 1)
b)    Peserta didik secara berpasangan mencoba membuat diagram batang dari tabel yang ada dalam kegiatan 2 LKS 1 (Lampiran 1)
4)  Mengasosiasi / Menganalisa data atau informasi
a)    Peserta didik menyimpulkan langkah – langkah dalam membuat diagram batang dari tabel yang ada dalam kegiatan 2 LKS 1 (lampiran 1)
b)    Untuk mengetahui pemahaman materi yang dipelajari, peserta didik mengerjakan latihan soal pada buku paket halaman 186 nomor 1 s/d 3
5)  Mengkomunikasikan
a)    Salah satu peserta didik mempresentasikan pekerjaannya
b)    Peserta yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan, meliputi : bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
c)    Guru memberi umpan balik
C.   Penutup (10 menit)
1)    Peserta didik bersama - sama dengan guru merefleksi kegiatan yang telah dilakukan
2)    Peserta didik bersama - sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai pembelajaran yang telah berlangsung
3)    Guru menyampaikan bahwa pada pertemuan berikutnya akan dibahas tentang menggambar grafik diagram garis.
4)    Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk menutup pelajaran.
2.  Pertemuan ke – 2
A.     Pendahuluan (10 menit)
1)  Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2)  Melalui tanya jawab, peserta didik diingatkan kembali mengenai pembuatan diagram batang dengan menggunakan microsoft excel.
3)  Peserta didik mengamati tayangan sajian data dalam bentuk tabel dan diagram garis seperti :
4)  Guru bertanya, “dapatkah kalian membuat diagram garis dengan menggunakan microsoft office excel?”
5)  Guru menegaskan tujuan yang akan dipelajari hari ini
6)  Guru menyampaikan cakupan materi


B.     Kegiatan inti (60 menit)
1)  Mengamati
a)  Peserta didik mengamati sajian data dalam bentuk tabel dan diagram garis yang ada dalam kegiatan 1 LKS 2 (Lampiran 2)
2)  Menanya
a)    Peserta didik merumuskan pertanyaan terkait diagram garis. Misalnya “ Bagaimana cara membuat diagram garis dari sajian data tersebut? “
3)  Mencoba / Mengumpulkan data atau informasi
a)    Peserta didik secara berpasangan mencermati sajian tabel yang ada dalam kegiatan 2 LKS 2 (Lampiran 2)
b)    Peserta didik secara berpasangan mencoba membuat diagram garis dari tabel yang ada dalam kegiatan 2 LKS 2 (Lampiran 2)
4)  Mengasosiasi / Menganalisa data atau informasi
a)    Peserta didik menyimpulkan langkah – langkah dalam membuat diagram garis dari tabel yang ada dalam kegiatan 2 LKS 2 (lampiran 2)
b)    Untuk mengetahui pemahaman materi yang dipelajari, peserta didik mengerjakan latihan soal pada buku paket halaman 188 no 1 s/d 4
5)  Mengkomunikasikan
a)    Salah satu peserta didik mempresentasikan pekerjaannya
b)    Peserta yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan, meliputi : bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
c)    Guru memberi umpan balik

C.    Penutup (10 menit)
1)    Peserta didik bersama - sama dengan guru merefleksi kegiatan yang telah dilakukan
2)    Peserta didik bersama - sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai pembelajaran yang telah berlangsung
3)    Guru menyampaikan bahwa pada pertemuan berikutnya akan dibahas tentang menggambar grafik diagram lingkaran.
4)    Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk menutup pelajaran.
3.  Pertemuan ke – 3
A.     Pendahuluan (10 menit)
1)  Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2)  Melalui tanya jawab, peserta didik diingatkan kembali mengenai pembuatan diagram batang an diagram garis dengan menggunakan microsoft excel.
3)  Peserta didik mengamati tayangan sajian data dalam bentuk tabel dan diagram lingkran seperti :
4)  Guru bertanya, “dapatkah kalian membuat diagram lingkaran dengan menggunakan microsoft office excel?”
5)  Guru menegaskan tujuan yang akan dipelajari hari ini
6)  Guru menyampaikan cakupan materi
B.     Kegiatan inti (100 menit)
1)  Mengamati
a)  Peserta didik mengamati sajian data dalam bentuk tabel dan diagram lingkaran yang ada dalam kegiatan 1 LKS 3 (Lampiran 3)
2)  Menanya
a)    Peserta didik merumuskan pertanyaan terkait diagram lingkaran. Misalnya “ Bagaimana cara membuat diagram lingkaran dari sajian data tersebut? “
3)  Mencoba / Mengumpulkan data atau informasi
a)    Peserta didik secara berpasangan mencermati sajian tabel yang ada dalam kegiatan 2 LKS 3 (Lampiran 3)
b)    Peserta didik secara berpasangan mencoba membuat diagram lingkaran dari tabel yang ada dalam kegiatan 2 LKS 3 (Lampiran 3)
4)  Mengasosiasi / Menganalisa data atau informasi
a)    Peserta didik menyimpulkan langkah – langkah dalam membuat diagram lingkaran dari tabel yang ada dalam kegiatan 2 LKS 3 (lampiran 3)
b)    Untuk mengetahui pemahaman materi yang dipelajari, peserta didik mengerjakan latihan soal pada buku paket halaman 194 nomor 3
5)  Mengkomunikasikan
a)    Salah satu peserta didik mempresentasikan pekerjaannya
b)    Peserta yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan, meliputi : bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
c)    Guru memberi umpan balik

6)  Mengamati
a)  Peserta didik mengamati tayangan dalam bentuk power point berikut ini :
7)  Menanya
a)  Peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan tayangan power point. Misalnya : “Data – data apa sajakah yang cocok disajikan dalam bentuk diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran?
b)  Peserta didik merumuskan pertanyaan terkait berikutnya. Misalnya “Apa perbedaan dan persamaan antara diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran?”
8)  Mencoba / mengumpulkan data atau informasi
a)  Peserta didik secara berpasangan mencoba mengerjakan soal di buku paket halaman 195 nomor 1 dan 2
9)  Mengasosiasi / menganalisa data atau informasi
a)  Peserta didik menemukan persamaan dan perbedaan antara diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran
10)   Mengkomunikasikan
a)  Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusinya
b)  Peserta didik lain memberikan tanggapan atas presentasi temannya meliputi : tanya jawab, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
c)  Guru memberi umpan balik atau konfirmasi
11)   Mencipta
a)  Peserta didik menemukan karakteristik data – data yang cocok disajikan dengan diagram garis, diagram batang dan diagram lingkaran
C.    Penutup (10 menit)
1)    Peserta didik bersama - sama dengan guru merefleksi kegiatan yang telah dilakukan
2)    Peserta didik bersama - sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai pembelajaran yang telah berlangsung
3)    Guru menyampaikan bahwa pada pertemuan berikutnya akan dibahas tentang Pembelajaran berbasis Project (Project Based Learning).
4)    Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk menutup pelajaran.
4.  Pertemuan ke – 4
A.     Pendahuluan (10 menit)
1)  Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2)  Melalui tanya jawab, peserta didik diingatkan kembali mengenai pembuatan diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran dengan menggunakan microsoft excel.
3)  Guru menegaskan tujuan yang akan dipelajari hari ini
4)  Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta didik pada pertemuan ini yaitu peserta didik akan bekerja secara kelompok (5 orang) yang mengacu pada tugas proyek yang diselesaikan dalam jangka waktu tertentu dan tiap kelompok diberikan tugas yang berbeda
B.     Kegiatan inti (60 menit)
a)  Penentuan Pertanyaan Mendasar
a)    Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi  pembelajaran yang dilaksanakan. Misal :
“Anak-anak,  jika kita ingin mengetahui jenis pekerjaan wali siswa, atau mungkin keberhasilan pelaksanaan Ujian Nasional di sekolah kita pada tahun pelajaran ini, apa yang harus kita lakukan terkait dengan materi pembelajaran saat ini?”
Kemungkinan jawaban dari siswa:
1.    Kita harus mencari informasi akurat dari sumber-sumber yang terkait, misal untuk mengetahui sosial jenis pekerjaan wali siswa, kita harus terlebih dahulu menggali informasi dan mengumpulkan data melalui BK tentang jenis pekerjaan wali siswa.
2.    Sedangkan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan Ujian Nasional di sekolah, kita bisa menggali sumber data tersebut petugas Kurikulum di sekolah kita.
b)    Guru menanggapi jawaban/respon siswa, kemudian  mengarahkan kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran

b)  Mendesain Pertanyaan Project
a)    Guru mengorganisir siswa ke dalam kelompok yang heterogen (3 - 4  orang)
b)    Guru memberikan Lembar Kerja (Lampiran 4) yang terkait dengan perencanaan proyek dan penyusunan jadwal
c)    Guru dan peserta didik membicarakan aturan main untuk disepakati bersama dalam proses penyelesaian proyek,  antara lain : Pemilihan aktifitas, waktu maksimal penyelesaian tugas proyek,  sangsi yang jatuhkan pada pelanggar aturan main pelaksanaan proyek, hal hal yang dilaporkan, alat dan bahan yang dapat diakses untuk membantu penyelesaian proyek

c)  Menyusun Jadwal
1.     Guru memfasilitasi peserta didik dalam kelompoknya untuk membuat jadwal aktifitas yang mengacu pada waktu maksimal yang disepakati.
Contoh kemungkinan jadwal yang dibuat siswa:
Penyusunan Jadwal Perencanaan Proyek
NO
JENIS KEGIATAN

WAKTU PELAKSANAAN

1
Mengumpulkan data dari berbagai sumber

2
Mengolah data sesuai dengan kriteria

3
Konsultasi guru terkait dengan data yang sudah diperoleh.

4
Mengolah data yang sudah diperoleh dalam bentuk tabel pada Microsoft Excell

5
Menyajikan data tersebut dalam bentuk diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran

6
Konsultasi guru terkait dengan penyajian data dalam bentuk diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran

7
Membuat laporan dalam bentuk paparan tentang alasan mengapa data yang diperoleh disajikan dalam bentuk diagram batang atau diagram garis atau diagram lingkaran

8
Mengidentifikasi hubungan antar variable

9
Persiapan presentasi (pengecekan kelas yang akan digunakan, papan untuk menempelkan hasil print bentuk diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran

10
Pelaksanaan presentasi.

11
Mencatat komentar dan saran dari teman-teman dan guru


d)  Mengkomunikasikan
a)    Salah satu peserta didik mempresentasikan pekerjaannya “Penyusunan Jadwal Project”
b)    Peserta yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan, meliputi : bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
c)    Guru memberi umpan balik
C.    Penutup (10 menit)
1)    Peserta didik bersama - sama dengan guru merefleksi kegiatan yang telah dilakukan
2)    Peserta didik bersama - sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai pembelajaran yang telah berlangsung
3)    Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk menutup pelajaran.
H.    Penilaian
1.      Sikap Spiritual
a.     Teknik Penilaian: Observasi dan Penilaian Diri.
b.     Bentuk Instrumen: Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri.



c.      Kisi­kisi:

No.

Butir Nilai

Indikator
Jumlah Butir
Instrumen
1.
Bersyukur atas anugrah Tuhan.
Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
1
Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika.
1
Menunjukkan sikap bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui penyajian data dua variabel menggunakan tabel, diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran
1


JUMLAH
3

d.     Instrumen:  Lembar Observasi (Lampiran 4A) dan  Lembar Penilaian Diri (Lampiran 4C).
e.     Petunjuk Penghitungan Skor (Lampiran 4B).
2.      Sikap Sosial
a.     Teknik Penilaian: Observasi dan Penilaian Diri.
b.     Bentuk Instrumen: Lembar Observasi dan Lembar Penilaian Diri.
c.      Kisi­kisi
No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir
Instrumen
1.
Memiliki rasa ingin tahu dan percaya diri.
Menunjukkan sikap teliti dalam mengamati data pada tabel, diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran
1
Menunjukkan sikap tekun / gigih dalam memecahkan masalah
1
Suka bertanya selama proses pembelajaran
1
Berani Presentasi di depan kelas

1
Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan data pada tabel, diagram batang dan diagram lingkaran
1


JUMLAH
5

d.     Instrumen:  Lembar Observasi (Lampiran 5A) dan  Lembar Penilaian Diri (Lampiran 5C).
e.     Petunjuk Penghitungan Skor (Lampiran 5B).
3.      Pengetahuan
a.     Teknik Penilaian: Tes.
b.     Bentuk Instrumen: Uraian.
c.      Kisi­kisi

No.

Indikator
Jumlah
Butir Soal
Nomor Butir
Instrumen
1.
Menyajikan data dalam bentuk tabel
1
1
2.
Menyajikan data dalam bentuk diagram batang
1
2
3.
Menyajikan data dalam bentuk diagram garis
1
3
4.
Menyajikan data dalam bentuk diagram lingkaran
1
4
JUMLAH
4
4

d.         Instrumen: lihat Lampiran 6A.
e.         Petunjuk (rubrik) penskoran dan penentuan nilai: lihat Lampiran 6B.
4.      Keterampilan
a.         Teknik peniaian proyek
Instrumen Penilaian pada Tugas Proyek


No


Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Kriteria penskoran
Tahap Persi-apan
Tahap Pelaksa-naan
Tahap Pelapor-an
Skor yang dicapai
Nilai (konversi 0-100)
·      Skor maksimal = 12
·      Skor minimal = 4
1.






2.












18.
















Rubrik penilaian tugas proyek

No
Kategori
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Persia-pan




4= pembagian tugas anggota kelompok, pembu-atan renca-na penyelesaian proyek, pembuatan rencana jadwal, perencanaan persiapan peralatan, pembuatan rencana undangan pembuatan rencana presentasi sudah lengkap
3 = sebagian besar sudah ada pembagian tugas anggota kelompok, pembuatan rencana penyelesaian proyek, perencanaan persiapan peralatan, pembuatan rencana jadwal, pembuatan rencana undangan pembuatan rencana presentasi secara lengkap
2 = sebagian kecil sudah ada untuk pembagian tugas anggota kelompok, pembuatan rencana penyelesaian proyek, perencanaan persiapan peralatan, pembuatan rencana jadwal, pembuatan rencana undangan pembuatan rencana presentasi
1= tidak ada untuk  pembagian tugas anggota kelompok, pembuatan rencana penyelesaian proyek, perencanaan persiapan peralatan, pembuatan rencana jadwal, pembuatan rencana undangan pembuatan rencana presentasi secara lengkap
2
Pelaksa-naan




4    = item nomer 1, 2, 3 dan 4 dalam deskripsi kegiatan pada desain penyelesain proyek sudah dilaksanakan lengkap
3 = item nomer 1, 2, 3 dan 4 dalam deskripsi kegiatan pada desain penyelesain proyek sebagian besar sudah dilaksanakan
2 = item nomer 1, 2, 3 dan 4 dalam deskripsi kegiatan pada desain penyelesain proyek sebagian kecil sudah dilaksanakan
1= item nomer 1, 2, 3 dan 4 dalam deskripsi kegiatan pada desain penyelesain proyek tidak  dilaksanakan
3
Pembuat-an presen-tasi atau majalah dinding




4= item nomer 5 s.d.12 dalam deskripsi kegiatan pada desain penyelesain proyek sudah dilaksanakan
3= item nomer 5 s.d.12 dalam deskripsi kegiatan pada desain penyelesain proyek sebagian besar sudah dilaksanakan
2= item nomer 5 s.d.12 dalam deskripsi kegiatan pada desain penyelesain proyek sebagian kecil sudah dilaksanakan
1= item nomer 5 s.d.12 dalam deskripsi kegiatan pada desain penyelesain proyek tidak dilaksanakan



b.         Instrumen: lihat Lampiran 7A.
c.         Petunjuk (rubrik) penskoran dan penentuan nilai: lihat Lampiran 7B.

         


       Cilegon,    Juli 2016
Kepala Madrasah,






H   MASHURI, S.Pd.I.
NIP.  19601005 199203 1 003
Guru Mata Pelajaran Matematika,






HIDAYATUL FITRIYAH, S.Pd.
NIP.  19790823 200312 2 004



Lampiran : 1
LEMBAR PENILAIAN SIKAP TELITI

No
NAMA SISWA
Skor
1
2
3
4
1





2





3





4





5











Kriteria:
4       =   semua atau hampir semua pekerjaan dilakukan dengan benar
3       =   ada sedikit kesalahan pada tahap penyelesaian
2       =   terdapat beberapa kesalahan pada pelaksanaan  proses     
             maupun penyusunan hasil kerja proyek
1       =   seluruh atau hampir seluruh tugas proyek dikerjakan tidak
             sesuai dengan data hasil pengamatan
     Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :



 




PREDIKAT NILAI SIKAP

Text Box: Nilai (NS) Predikat
3,33 ≤ NS ≤ 4 Sangat Baik/SB
2,66 ≤ NS < 3,33 Baik/B
1,66 ≤ NS < 2,66 Cukup/C
1,00 ≤ NS < 1,66 Kurang/D

Lampiran : 2


LEMBAR PENILAIAN SIKAP BERTANGGUNG JAWAB

No
NAMA SISWA
Skor
1
2
3
4
1





2





3





4





5











Kriteria :

4   =     menunjukkan sikap sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan konsisten
3   =     menunjukkan sikap sudah ada upaya dalam menyelesaikan tugas kelompok dengan konsisten tetapi belum terus menerus
2   =     menunjukkan sikap sudah ada upaya ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok tetapi belum konsisten
1   =     menunjukkan sikap tidak ada upaya sama sekali ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok

PREDIKAT NILAI SIKAP

Nilai (NS)
Predikat
3,33 ≤ NS ≤ 4
Sangat Baik/SB
2,66 ≤ NS < 3,33
Baik/B
1,66 ≤ NS < 2,66
Cukup/C
1,00 ≤ NS < 1,66
Kurang/D


Lampiran 3 :

LEMBAR  KERJA


Pertanyaan mendasar :

Kumpulkan data tentang :
1.  Jenis pekerjaan wali siswa kelas VIII-A MTs Negeri 2 Kota Cilegon pada Tahun Pelajaran 2015/2016
2.  Nilai matematika peserta didik pada Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2014/2015
3.  Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada enam bulan terakhir
 (Januari sampai dengan Juni 2016)

Selanjutnya :
1.     Pilihlah bentuk diagram yang sesuai, kemudian sajikan data tersebut dalam bentuk diagram batang, diagram garis, atau diagram lingkaran menggunakan Microsoft Excell!(semua bentuk diagram harus terwakili)
2.     Buatlah perencanaan pelaksanaan kegiatan untuk menyelesaikan tugas proyek tersebut!
3.     Susunlah jadwal dari perencanaan kegiatan yang akan kalian lakukan!











Lampiran 4 :


TAYANGAN POWER POINT



TAYANGAN  ke - 1





TAYANGAN ke - 2












TAYANGAN ke-3











LEMBAR PENILAIAN DIRI
“SIKAP RASA BERSYUKUR”



Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh peserta didik sendiri untuk menilai sikap spiritual peserta didik dalam menunjukkan sikap rasa bersyukur kepada Tuhan YME.

Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap rasabersyukuryang ditampilkan peserta didik dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu
3 = sering
2 = kadang kadang
1 = tidak pernah

Nama Peserta didik             :
Kelas                                      :
Tanggal Pengamatan         :
Materi Pokok                         :

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Saya melakukan kegiatan ini dengan tidak melewatkan sedikitpun waktu




2
Saya melakukan kegiatan ini dengan perasaan senang






Perhitungan skor akhir menggunakan Rumus :

NS =  x 4




LEMBAR PENILAIAN DIRI
“SIKAP INGIN TAHU”


Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh peserta didik sendiri untuk menilai sikap ingin tahu peserta didik dalam mengikuti kegiatan

Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap rasa ingin tahu yang ditampilkan peserta didik dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu
3 = sering
2 = kadang kadang
1 = tidak pernah

Nama Peserta didik             :
Kelas                                      :
Tanggal Pengamatan         :
Materi Pokok                         :

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Saya melakukan kegiatan ini dengan tidak melewatkan sedikitpun waktu




2
Saya melakukan kegiatan ini dengan perasaan senang




3
Saya melakukan kegiatan ini dengan keinginan mengetahui lebih mendalam  lagi





Perhitungan skor akhir menggunakan Rumus :


NS =  x 4
 

LEMBAR PENILAIAN DIRI

“SIKAP TANGGUNG JAWAB”

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh peserta didik sendiri untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam menunjukkan sikap tanggung jawab.
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan peserta didik dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu
3 = sering
2 = kadang kadang
1 = tidak pernah

Nama Peserta didik             :
Kelas                                      :
Tanggal Pengamatan         :
Materi Pokok                         :

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Saya melaksanakan  kegiatan sebagai anggota kelompok dengan baik




2
Saya berperan aktif dalam menyelesaikan tugas





Perhitungan skor akhir menggunakan Rumus :


NS =  x 4






LEMBAR PENILAIAN DIRI
“SIKAP TELITI”


Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh peserta didik sendiri untuk menilai sikap teliti  peserta didik dalam setiap kegiatan yang dilakukan
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap teliti yang ditampilkan peserta didik dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu
3 = sering
2 = kadang kadang
1 = tidak pernah

Nama Peserta didik             :
Kelas                                      :
Tanggal Pengamatan         :
Materi Pokok                         :

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Saya melakukan kegiatan ini dengan penuh perhatian




2
Saya melakukan kegiatan ini dengan hati-hati





Perhitungan skor akhir menggunakan Rumus :

NS =  x 4


LEMBAR OBSERVASI SISWA
“PENILAIAN SIKAP”


Mata Pelajaran                     :
Materi Pokok                         :
Kelas                                      :
Tanggal Pengamatan         :

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru sendiri untuk menilai sikap  peserta didik dalam setiap kegiatan yang dilakukan
Berilah skor sesuai sikap yang ditampilkan peserta didik dengan kriteria sebagai berikut :

Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d. 4
1  = Kurang               : jika sikap yang diharapkan belum mulai tampak
2  = Cukup                : jika sikap yang diharapkan kadang-kadang tampak
3  =  Baik                    : jika sikap yang diharapkan sering tampak
4  = Sangat Baik       : jika sikap yang diharapkan selalu tampak

No
Nama
Sikap
Rasa Ingin tahu
Teliti
Tanggung jawab
Berani presentasi
Tekun
   1






   2






...






36









Tidak ada komentar:

Posting Komentar